Keputusan Pembelian Terhadap Produk Air Mineral – Mengapa Orang membutuhkan Keputusan pembelian dalam memilih air mineral ? Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan yang dialami oleh orang sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Keputusan pembelian biasanya akan melibatkan beberapa aspek seperti sebelum pembelian, berlangsungnya pembelian, sesudah pembelian. Melakukan pembelian terhadap produk air mineral merupakan sesuatu yang sangat umum dilakukan oleh masyarakat indonesia. Mengingat produksi air mineral dalam kemasan saat ini sudah meningkat jumlahnya dari berbagai macam merek, perusahaan dan lain lain. Dalam proses keputusan pembelian ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Perusahaan air mineral sendiri sudah banyak dikenal oleh masyarakat dari berbagai macam jenisnya. Tetapi meskipun begitu. Sebagai konsumen melakukan keputusan dalam pembelian produk masih banyak dilakukan. Ada beberapa proses keputusan pembelian terhadap produk air mineral. Berikut penjelasannya.

Tahapan Keputusan Pembelian dalam Produk Air Mineral

1 Identifikasi Kebutuhan
Untuk menerapkan keputusan pembelian yang pertama kali harus diperhatikan adalah mengindentifikasi kebutuhan konsumen terhadap pembelian suatu barang. Perusahaan perlu menyadari terkait kebutuhan apa yang konsumen butuhkan. Contohnya seperti, air merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk hidup. Tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi karena kurangnya air yang masuk didalam tubuh. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan identifikasi kebutuhan konsumen termasuk Air Mineral yang dipasarkan dan diproduksi.

2 Informasi Produk
Selanjutnya, sebelum melakukan keputusan pembelian terhadap suatu barang. Biasanya para konsumen akan melakukan pencarian Informasi terlebih dahulu terkait produk atau barang yang akan ia beli. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajar sebab setiap konsumen pasti ingin membeli produk yang terbaik. Begitu juga dengan perusahaan yang perlu memberikan yang terbaik untuk konsumen dengan menciptakan produk sebaik mungkin. Dalam pencarian informasi ini biasanya konsemen akan mencari tahu terkait produk air mineral seperti proses pembuatan, sumber air dan lain lain yang akan menentukan keputusan pembelian.

3 Evaluasi Rekomendasi
Selanjutnya, dalam melakukan proses keputusan pembeli. Konsumen akan membandingkan Air mineral yang satu dengan yang lainnya. Baik itu dalam merek, jenis, ukuran dan lain lain. Proses ini merupakan salah satu penentu yang dimana akan diambil keputusan pembelian terhadap air mineral yang akan dipilih. Dalam tahap ini juga biasanya akan berisikan tentang harga jual produk air mineral dengan yang lainnya. Dan sesuai selera konsumen.

Keputusan Pembelian Terhadap Produk Air Mineral

4 Keputusan Pembelian
Tahap ini merupakan puncak dimana pembeli biasanya akan menetapkan pilihannya pada Air mineral yang akan ia pilih. Dalam masa ini keputusan pembelian sudah jatuh pada produk tersebut. Setelah melalui berbagai macam tahapan dari mulai identifikasi kebutuhan, informasi produk, evaluasi rekomendasi maka pembeli dapat memilih Merek dan Jenis serta Ukuran Air mineral seperti apa yang ia akn beli.

5 Sesudah Pembelian
Nah, tidak hanya sampai disitu saja. Ternyata, keputusan terhadap pembelian juga masih berlanjut. Keputusan pembelian terhadap air mineral masih berlanjut sampai ketika ia sudah melakukan keputusan pembelian tersebut. Berdasarkan ini, hal tersebut juga termasuk kedalam aspek yang paling penting dimana biasanya ketika pembeli sudah melakukan hal tersebut ia akan menjelaskan bagaimana kepuasan atau tidaknya ia terhadap Air mineral yang telah ia pilih dari Merek, jenis dan ukuran tersebut. Hal ini juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian selanjutnya, yang dimana pembeli tersebut akan membeli air mineral yang sama atau tidak tegantung dari kepuasannya. Dan pembeli juga dapat merekomendasikan kepuasan atau ketidakpuasannya pada oramg lain dari tindakan keputusan pembelian terhadap air mineral tersebut.