Proses Produksi Perusahaan Air MineralPerusahaan air mineral merupakan perusahaan yang memproduksi air siap minum untuk dikonsumsi para masyarakat dan konsumen. Air mineral juga merupakan salah satu kebutuhan bagi manusia hidup. Untuk itu, mengapa banyak sekali kini industri dan perusahaan pembuat air mineral ini melakukan produksi air mineral dalam jumlah yang banyak dan kemasan yang berbeda. Dengan begitu ternyata ada beberapa tahapan dan proses yang perlu dilakukan oleh perusahaan air mineral sebelum memasarkannya ke masyarakat luas. Adapula proses ini dilakukan agar air yang diperoleh nanti menjadi air yang layak untuk dikonsumsi dan diminum sehingga aman dan terhindar dari penyakit.

Tahapan Pembuatan dan Proses Produksi

Adapun tahapan dalam proses produksi pembuatan air mineral adalah sebagai berikut.

1 Sumber Air
Pertama tama dalam hal proses produksi pembuatan air mineral adalah dengan cara mengambil air tersebut dari sumbernya terlebih dahulu. Biasanya sumber air ini diambil berdasarkan sumber yang sudah memenuhi kualifikasi air yang layak dan sesuai dengan aturan kesehatan dan perundang undangan.

2 Penyaringan
Adapula dalam proses produksi adalah dengan cara melakukan penyaringan air yang berasal dari sumber tersebut sebelum dikonsumsi. Penyaringan ini bertujuan agar ketika air yang memiliki kotoran dapat disaring agar air bersih dan terhindar dari penyakit.

3 Disinfeksi
Disinfeksi merupakan salah satu tahap untuk memproduksi air mineral yang layak untuk diminum. Proses disinfeksi adalah guna untuk membersihkan air dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

4 Kemasan
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memproduksi air mineral adalah dengan memperhatikan kembali kemasan air mineral yang akan dipakai untuk menyimpan air yang akan dikonsumi. Hal ini bertujuan agar air yang sudah melakukan berbagai jenis proses dan tahapan dalam pembuatan air tidak terjangkit penyakit dan kuman akibat dari kemasan yang kotor.

Untuk itu kemasan harus dicek dan cuci ulang baik bagian dalam maupun bagian luar untuk memastikan kemasan tersebut aman digunakan dan dipakai sebelum dimasukan air kedalamnya.

Proses Produksi Perusahaan Air Mineral

5 Pengisian
Selanjutnya, dalam memproduksi air mineral adalah dengan cara melakukan pengisian dan penutupan. Hal ini baik dilakukan untuk air mineral dalam kemasan apapun seprerti gelas, botol, maupun galon. Sebelum proses ini harus dipastikan terlebih dahulu air sudah dalam keadaan baik dan aman untuk dikonsumsi begitu juga dengan tutup galon yang perlu diperhatikan kesterilan dan kehigienisannya. Hal itu ditujukan agar air yang sudah diisi didalam kemasan tidak terjangkit penyakit akibat kelalaian dari penutup kemasan tersebut yang kotor dan tidak bersih sehingga dapat menimbulkan penyakit dan tidak aman serta baik untuk kesehatan.

6 Memenuhi Standar
Setelah semua proses pembuatan dan produksi air berhasil untuk dilakukan proses selanjutnya adalah pengecekan air mineral tersebut apakah sudah memenuhi standar. Uji kelayakan dan standar ini dilakukan berdasarkan ketentuan ketentuan lainnya seperti contohnya Proses pembuatan yang sudah baik dan benar, Tanggal pembuatan, keadaan lingkungan pembuatan, sumber air, keamanan, kebersihan dan kehigienisannya.

Baca juga : Persaingan Perusahaan Air Mineral

7 Pemasaran
Setelah semua air sudah melalui tahapan tersebut dan layak untuk dikonsumsi mansusia. Maka hal selanjutnya adalah air mineral siap dipasarkan dan dijual ke berbagai macam daerah. Proses ini biasanya perusahaan menyalurkan produknya ke beberapa agen besar hingga UMKM kecil. Untuk saat ini, penggunaan air mineral dalam kemasan sangat banyak diminati oleh masyarakat karena siap minum dan sudah teruji keamanannya.